PENGERTIAN ISTILAH SD, HD, FHD, UHD DAN 4K



Dalam dunia Videografi kita sering mendengar istilah istilah yang kadang kita tau maksudnya namun tidak mengerti apa arti yang sebenarnya dari istilah istilah tersebut. Contohnya beberapa istilah "SD" "HD" "FHD" "UHD" dan "4K" istilah tersebut digunakan untuk menunjukkan kualitas resolusi dari sebuah Video. Untuk lebih jelasnya kita lihat penjelasan berikut.

1.  Standard Definition Video ( SD )

Standard Definiton Video adalah urutan yang paling rendah dari deretan kualitas rekaman video.  Memiliki kualitas gambar 480p, video jenis ini dapat direkam oleh rata-rata kamera. Video jenis ini dapat diputar pada monitor dengan resolusi 720 x 480 x 30 fps (Frame per Second), resolusi yang sudah jarang ditemukan pada zaman ini. Monitor atau TV yang dapat menampilkan kualitas ini disebut SDTV.

2.  High Definition Video ( HD )

High Definition Video atau HD Video adalah kualitas video yang lebih tinggi dibandingkan SD Video. Memiliki kualitas gambar diatas 480p atau 720p. Jenis video ini dapat diputar pada monitor dengan resolusi 1.280 x 720 pixels x 30 fps. Rata-rata monitor atau TV saat ini sudah menggunakan resolusi ini dan dapat menampilkan tampilan HD. Monitor atau TV yang dapat menampilkan HD Video disebut HDTV.

3.  Full HD Video ( FHD )

Full HD atau Full High Definition Video adalah kualitas video yang sudah lebih tinggi diatas rata-rata video yang menggunakan kualitas HD. Memiliki kualitas gambar yang sangat bagus, yaitu 1080p. Full HD Video dapat ditampilkan pada layar dengan resolusi 1.920 x 1.080 pixels x 30 fps. Monitor atau TV saat ini sudah mulai menggunakan kualitas ini, namun harganya masih terkesan tinggi.

4.  Ultra HD Video ( UHD )

Ultra High Definition atau UHD Video merupakan perkembangan teknologi masa kini yang sudah sangat canggih. Memiliki kualitas gambar yang lebih tajam dan warna yang ditampilkan pun lebih nyata. Gambar yang ditampilkan memiliki kualitas 2160p. Layar yang dapat menampilkan kualitas UHD haruslah memiliki resolusi 3.840 x 2.160 pixels dengan Frame Rate yang lebih tinggi. Ukuran resolusi yang sangat tinggi (sekitar 2 x Full HD TV) sehingga jenis video ini disebut Quad HD.

5.  4K Video ( 4K )

Merupakan perkembangan dari UHD Video. Memiliki kualitas gambar yang sama dengan UHD Video. Namun layar yang digunakan untuk menampilkan video jenis ini memiliki resolusi diatas 4.000 yaitu 4.096 x 2.160 pixels.

Monitor dengan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan jenis video yang lebih rendah tetap dapat memutar video tersebut. Namun tidak dapat ditampilkan dengan tayangan full screen. Jika ditampilkan dengan full screen maka gambar yang ada akan pecah atau menjadi kabur.

Contoh :

Full HD TV dengan resolusi 1.920 x 1.080 dapat memutar HD Video yang memiliki resolusi 1.280 x 720. Namun HD Video yang ditampilkan tidak akan full screen karena layar Full HD terlalu besar untuk HD Video. Kalaupun dipaksakan untuk memutarnya dalam full screen, maka gambar dari HD Video akan pecah atau menjadi kabur.



ok..! demikian penjelasan tentang beberapa istilah yang sering kita dengar sehari hari terutama bagi kalian yang berkecipung di Dunia videografi. Semoga bermanfaat



SONNI VIDEO PRODUCTION
_________________________________________________


WEDDING | DOCUMENTATION | COMAPANY PROFILE | VIDEO CLIP | BROADCASTING | LIVE STREAMING | VIDEO IKLAN | RENTAL KAMERA & ACCESSORIES


Jl. Sarworini No. 53 Ngadiluwih Kediri Jawa Timur Indonesia 64171 

Telp. ‪(0354) 476405‬ | Hp. 0812 3432 207‬

Instagram. @sonnishooting | Facebook. sonni shooting kediri | Twiter. @kedirisonni



Info Lengkap Hubungi Kami Via

8 comments :

  1. I definitely enjoying every little bit of it. It is a great website and nice share. I want to thank you. Good job! You guys do a great blog, and have some great contents. Keep up the good work.https://newswatchtv.com/2019/04/01/best-4k-projector-for-home/

    ReplyDelete
  2. This is a great inspiring article.I am pretty much pleased with your good work.You put really very helpful information. Keep it up. Keep blogging. Looking to reading your next post. https://newswatchtv.com/2019/04/01/best-4k-projector-for-home/

    ReplyDelete
  3. Clients will buy in to your videos on the off chance that you continue utilizing this medium. Animation Totonto

    ReplyDelete
  4. Video production is the art and service of videotaping, editing, and distributing a finished video product for television, commercial and corporate videos. It is increasing in popularity with the growth of the internet and the availability of modern equipment that makes producing a video easier for the lay person. Corporate Video Production

    ReplyDelete
  5. All of us loves visiting theatres to observe the newest blockbusters. But, we also have to keep a on our Finances at the same time, and be sure to never overspend. soap 2day

    ReplyDelete
  6. mantap ilmu tentang Pengertian High Definition dan segala rinciannya. Makasih gan.

    ReplyDelete
  7. Soaptoday is a free service for watching movies & Tv shows with zero ads and require no registration.Soap2day is an online HD streaming entertainment website. You can watch Free online HD movies on Soap2day official website. Soap2Day stays a popular choice for streaming TV shows and movies because of its wide ingredient library, easy-to-use interface, and free streaming choices. While there are worries about its legality or illegality and security, Soaptoday is for the most part supposed to be threatened to use assuming safety measures are taken.

    ReplyDelete

Copyright © SONNI VIDEO PRODUCTION